SIMKES

Halaman ini berisi materi kuliah Sistem Informasi Kesehatan bagi mahasiswa DIII kesehatan gigi, tetapi dapat juga digunakan bagi mahasiswa DIV Perawat Gigi, S1 Kedokteran Gigi dan untuk menambah pengetahuan / wawasan para praktisi dan pemerhati kesehatan gigi.

Selain itu juga terdapat publikasi Tesis dan Riset saya dan teman-teman pemerhati masalah sistem informasi kesehatan  khususnya kesehatan gigi dan mulut.

Semoga bermanfaat

==================================================================================

MATA KULIAH SISTEM INFORMASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Materi kuliah Sistem Informasi Kesehatan bagi mahasiswa DIII kesehatan gigi ini pada awalnya diampu oleh drg. Sutji Asri Tjitra Asmara,M.Kes sejak tahun 2000 bersama tim yang mengalami beberapa kali perubahan antara lain yang pernah terlibat : Cahya Tri Purnami,SKM.,M.Kes.,  Farid Agusybana,SKM, DEA.,  Meilia Chaidzah Rustiana,SKM.

Sejak tahun 2006, drg. Sutji Asri Tjitra Asmara,M.Kes memberikan kesempatan untuk regenerasi yaitu yang menjadi Koordinator Mata Kuliah adalah Sulur Joyo Sukendro, S.Si.T sedangkan drg. Sutji Asri Tjitra Asmara,M.Kes sebagai pengampu pada beberapa materi saja, didukung oleh Hanif S Pandu, SKM.

Setelah mengikuti materi ini anda mampu memahami dan menyadari pentingnya Sistem Informasi Kesehatan dalam pelayanan kesehatan gigi.

Bab 1. Dasar Sistem Informasi Kesehatan

Bagian ini membahas pentingnya Sistem Informasi Kesehatan, Pengertian Sistem, Informasi, Sistem Informasi, komponen fisik sistem informasi, konsep sistem informasi

Materi selengkapnya …

Bab 2. Sistem Informasi Manajemen Kesehatan

Bagian ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi rancangan system informasi dan Sistem informasi dan manajemen bidang kesehatan; Syarat Sistem informasi dan manajemen kesehatan; Jenis-jenis Sistem Informasi Kesehatan

Materi selengkapnya …

Bab 3. ICD-X dalam bidang kedokteran gigi

Bagian ini membahas pengertian dasar rekam medis, tujuan penggunaan ICD-X; format pengkodean ICD-X dan Pengkodean ICD-X dalam penyakit gigi

Materi selengkapnya …

Bab 4. Sistem informasi rumah sakit

Bagian ini membahas sarana pelayanan kesehatan dan Alur dan pencatatan data pelayanan kesehatan; sistem pencatatan dan pelaporan di Rumah Sakit (SP2RS).

Materi selengkapnya …

Bab 5. Sistem informasi puskesmas dan klinik gigi

Bagian ini membahas sistem pencatatan dan pelaporan di sarana pelayanan kesehatan; Sistem pencatatan dan pelaporan Puskesmas (SP3)

Materi selengkapnya …

Bab 6. Standar rekam medis kedokteran gigi

Bagian ini membahas Standar rekam medis kedokteran gigi di Indonesia

Materi selengkapnya …

Bab 7. Komunikasi data

Bagian ini membahas komunikasi data dan mengidentifikasi aplikasi Sistem Informasi Kesehatan (SIMPUS & SIKG)

Materi selengkapnya …

Petunjuk Praktek ;

1. Modul Praktikum Sistem Informasi Kesehatan

Bagian ini membahas latihan aplikatif menggunakan program microsoft excel sebagai sistem pencatatan dan pelaporan.

Materi selengkapnya …

Contoh file kasus selengkapnya …

2. Modul interaktif praktikum program Microsof Acces.

Bagian ini membahas latihan aplikatif menggunakan program microsoft excel sebagai sistem pencatatan dan pelaporan.

Materi selengkapnya …

Epilog

Perawat Gigi sebagai salah satu tenaga Kesehatan Gigi perlu memahami Sistem Informasi Kesehatan Gigi. Pemahaman tentang sistem informasi kesehatan, masalah-masalah yang terjadi selama ini di dalam dunia pelayanan kesehatan gigi berkaitan dengan sisteminformasi, serta kiat-kiat untuk memberikan rasa nyaman dan puas pada pengguna pelayanan kesehatan sebaiknya dimiliki tenaga kesehatan gigi. Mempersiapkan diri, keinginan untuk belajar akan meningkatkan keterampilan Anda dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi yang baik.

=====================================================================================

T E S I S 1

RANCANGAN PROTOTIPESISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PETA GIGI (ODONTOGRAM) SEBAGAI REKAM MEDIS PASIEN GIGI DAN SARANA IDENTIFIKASI MANUSIA(Studi Kasus di Klinik Gigi Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang)

 ABSTRAK

Latar belakang masalah saat ini belum ada sistem informasi rekam medis gigi yang dapat dihubungkan dengan sistem yang lebih besar sesuai standar nasional. Tujuan penelitian ini adalah membuat prototipe sistem pendukung keputusan  (odontogram) sebagai rekam medis pasien gigi dan sarana identifikasi manusia.

Variabel penelitian ini adalah kemudahan, kelengkapan kesesuaian dan keakuratan informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan observasi terhadap sumber daya organisasi dan kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pre test post test design yang bertujuan membandingkan kualitas sistem informasi sebelum dan sesudah menggunakan sistem baru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi klinik gigi Poltekkes Kemenkes Semarang sebelum pengembangan sistem belum dapat menghasilkan informasi secara mudah, lengkap, sesuai dan akurat. Analisis kualitatif disimpulkan bahwa sumber daya organisasi, struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi serta alur informasi yang digunakan mendukung pengembangan sistem informasi. Analisis kuantitatif menunjukkan hasil penilaian selisih skor rata-rata sebesar 6,2 sampai dengan 15,2.

Kesimpulan penelitian yaitu kegiatan pelayanan klinik gigi meliputi pendaftaran, pencatatan, pemeriksaan, perawatan serta penyusunan laporan. Rekam medis gigi sesuai standar disusun dengan basis data pasien, user, keadaan umum, intra oral, pemeriksaan pendukung, odontogram, perawatan, diagnosa, tindakan, penanggungjawab. Pengembangan sistem meningkatkan kualitas sistem informasi klinik gigi dari unsur kemudahan, kelengkapan, kesesuaian dan keakuratan informasi.

Saran yang diberikan adalah untuk dilakukan implementasi sistem dalam kegiatan pelayanan klinik gigi Poltekkes Kemenkes Semarang, serta evaluasi untuk mengetahui kelemahan sistem. Pengembangan sistem informasi klinik gigi diperlukan integrasi dengan sistem informasi di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang.

Artikel lengkap silahkan download

T E S I S 2

SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS GIGI SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP IDENTIFIKASI MANUSIA
(IMPLEMENTASI DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG)

ABSTRAK

Penelitian Sistem Informasi Rekam Medis Gigi Untuk  Sebagai Sarana Pengambilan Keputusan Terhadap Identifikasi Manusia (implementasi di Puskesmas Kota Semarang) dilatar belakangi dengan adanya belum adanya sistem informasi rekam medis gigi yang sesuai standar di Puskesmas Kota Semarang, serta adanya wacana baru mengenai penggunaan gigi sebagai salah satu sarana untuk identifikasi manusia terhadap kejadian suatu musibah. Tujuan dari penelitian ini adalah terwujudnya sistem informasi rekam medis gigi yang sesuai standar serta  terwujud dan terujinya sistem informasi rekam medis gigi yang mampu digunakan sebagai sarana pengambilan keputusan terhadap identifikasi manusia melalui peta gigi/odontogram.

Penelitian ini adalah Research dan Development  (Penelitian Rekayasa), dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah Frame Work Application of Systems Thinking (FAST),  dengan Rekayasa Web Engineering yang meliputi tahapan  Communication Methods,Requirement,Analysis Methods,Design Methods,Testing Methods.  Subjek penelitian adalah petugas pendaftaran, perawat gigi, dokter gigi.

Penelitian ini mampu mewujudkan sistem informasi rekam medis gigi sebagai sarana pengambilan keputusan terhadap identifikasi manusia yang sesuai standar rekam medis gigi dan dapat digunakan oleh puskesmas untuk mengelola data pendaftaran pasien, catatan medis, dan mampu menghasilkan laporan bulanan kepenyakitan/LB1, laporan tindakan gigi dan laporan pencarian pasien berdasarkan odontogram. Sistem informasi rekam medis gigi sebagai sarana pengambilan keputusan terhadap identifikasi manusia ini dapat digunakan untuk pengambilan keputusan terhadap proses pencarian identitas manusia karena mampu menghasilkan data identitas pasien berdasarkan kode odontogram/peta gigi bagi pasien yang telah tercatat status kesehatan giginya.

Artikel lengkap silahkan download

=====================================================================================

R I S E T

EVALUASI PENGGUNAAN SOFTWARE ”SIMPUS” KOTA SEMARANG SEBAGAI SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS GIGI DAN IDENTIFIKASI MANUSIA

Sulur Joyo Sukendro1, Hanif Pandu Suhito2, Muhammad Sholihuddin3

1Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang,

Jl. Tirto Agung Pedalangan Banyumanik Semarang 50268

Bagian Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang,

Jl. Pandanaran No.79 Semarang 50241

3IT Developer and Software Programmer Health Semarang,

Jl. Melati Raya E208 Bukit Diponegoro Semarang 50275

 ABSTRAK

Evaluasi penggunaan Software “SIMPUS” Kota Semarang sebagai Sistem Informasi Rekam Medis Gigi dan Identifikasi Manusia dilatarbelakangi dengan adanya belum adanya sistem informasi rekam medis gigi yang sesuai standar, serta adanya wacana baru mengenai penggunaan gigi sebagai salah satu sarana untuk identifikasi manusia terhadap kejadian suatu musibah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran penerapan sistem informasi rekam medis gigi yang sesuai standar serta  terwujud dan terujinya sistem informasi rekam medis gigi yang mampu digunakan sebagai sarana pengambilan keputusan terhadap identifikasi manusia.

Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dari penggunaan Software “SIMPUS” Kota Semarang, dengan menggunakan metode wawancara dan observasi.  Subjek penelitian adalah perawat gigi, dokter gigi puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Semarang. Analsisi data secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah Software “SIMPUS” Kota Semarang sebagai Sistem Informasi Rekam Medis Gigi dan Identifikasi Manusia sistemnya mudah digunakan, lengkap, hasil data sesuai dengan masukan yang diberikan, sesuai dan benar. Sedangkan untuk uji penerimaan sistem kaitannya dengan hasil identifikasi manusia melalui peta gigi, sudah di ketahui dan disetujui oleh pihak yang membutuhkan dalam hal ini adalah Biddokkes Polda Jawa Tengah.   

Kesimpulan penelitian ini adalah Software “SIMPUS” Kota Semarang dapat diterima oleh pengguna sebagai Sistem Informasi Rekam Medis Gigi yang sesuai standar rekam medis gigi nasional dan dapat digunakan oleh puskesmas untuk mengelola data pendaftaran pasien, catatan medis, dan mampu menghasilkan laporan bulanan kepenyakitan/LB1, laporan tindakan gigi dan laporan pencarian pasien berdasarkan odontogram. Software “SIMPUS” Kota Semarang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan terhadap proses pencarian identitas manusia karena mampu menghasilkan data identitas pasien berdasarkan kode odontogram/peta gigi bagi pasien yang telah tercatat status kesehatan giginya.

Artikel lengkap silahkan download

Responses

  1. wah makasih nih mas info SIK nya berguna banget buat saya yang ngajar mata kuliah SIK di DIII keperawatan.
    cuma bisa di aplikasikan ga di DIII keperawatan materi ini??


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: