Oleh: sulur | 16 Juli 2013

Asuhan Keperawatan Gigi Mulut dan Rekam Medis Gigi

Terlalu banyak larangan di Facebook hanya untuk memberikan/bersedekah materi untuk teman-teman perawat gigi dan orang lain. Dihalaman pribadi yang sudah lama kurang terawat ternyata lebih nyaman. Home sweet home.

Materi ini saya susun berdasarkan  GBPP MK Konsep Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut 1,2 dan MK Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut Indvidu. Diagnosa Keperawatan Gigi yang saya tampilkan adalah hasil kesepakatan di kalangan Dosen MK serumpun yang difasilitasi Forkom JKG se-Indonesia. Materi Diagnosa Keperawatan Gigi sampai saat ini (16 Juli 2013), masih  menjadi materi baru dan menjadi bahan diskusi di ranah pelayanaan khususnya dalam hal penggunaan di lapangan. Saya sendiri masih dalam rangka uji coba dan mencari  bentuk penyempurnaan yang efektif di kalangan pendidikan khususnya pada saat pelayanan di klinik. Saya tahu di beberapa sarana pelayanan diantaranya (katanya) Klinik Gigi/Perawat Gigi RSCM menjadi/melakukan uji coba konsep dokumentasi asuhan keperawatan gigi. Tetapi saya berpikir tidak ada salahnya saya mencoba share karena ada beberapa teman di sarana pelayanan lain yang meminta/bersedia melakukan ujicoba untuk hal yang sama.

Silahkan download untuk materi Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut

Untuk rekam medis / catatan  odontogram saya tetap menyarankan standar yang sudah disepakati dari Kemenkes meskipun masih ada beberapa kode yang menjadi catatan untuk kesempurnaan dan perlu kesepakatan dari profesi terkait dibidang kesehatan gigi (dokter gig, perawat gigi, tekniker gigi) di Indonesia. Kode yang digunakan sementara masih dalam penyempurnaan dan pengembangan berkelanjutan. Berdasarkan hasil Tesis S2 Simkes saya dan dilanjutkan/dikembangkan oleh Tesis S2 Komunikasi teman, saat ini dalam bentuk digital rekam medik gigi elektronik telah digunakan di seluruh puskesmas di Kota Semarang (telah saya publikasikan dalam Forum Informasi  Kesehatan Indonesia/ FIKI 2013).

Silahkan download untuk procceding terkait FIKI 2013 tentang Odontogram

“Tak ada gading yang tak retak”, masukan dan saran silahkan ke sulurjs[at]gmail.com


Tinggalkan Balasan

Kategori

