Oleh: sulur | 17 Juli 2013

SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS GIGI SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP IDENTIFIKASI MANUSIA (IMPLEMENTASI DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG)

Di sadur dari : Hanif Pandu Suhito,SKM,MT

Salah satu unsur utama dalam sistem pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah tersedianya pelayanan medis oleh dokter dan dokter gigi dengan standar kualitas yang terpelihara sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. Dalam penyelenggaraan praktik kedokteran, setiap dokter dan dokter gigi wajib mengacu pada standar, pedoman dan prosedur  yang berlaku sehingga masyarakat mendapat pelayanan medis secara profesional dan aman. Sebagai salah satu fungsi pengaturan dalam Undang-Undang Praktik Kedokteran yang dimaksud adalah pengaturan tentang rekam medis.

Rekam medis memiliki nilai tinggi untuk kepentingan administratif, hukum, financial, penelitian/riset, pendidikan, dan dokumentasi. Dengan demikian aspek ketersediaan dan aspek kelengkapan pengisiannya harus diperhatikan mengingat rekam medis mempunyai manfaat utama sebagai dasar dan petunjuk untuk merencanakan dan  menganalisa penyakit serta merencanakan pengobatan, perawatan seorang pasien.

Pentingnya pengelolaan data rekam medis pasien gigi yang baik dan sesuai standar sangat diinginkan oleh kalangan medis sebab telah terbukti bahwa gigi telah mampu menjadi alat identifikasi manusia dalam berbagai kasus, terutama kasus musibah yang menyebabkan kematian yang terjadi tidak jarang terdapat korban tidak dikenal dan karenanya perlu diidentifikasi seperti contoh kasus bom Bali, sebagian besar korban berhasil diidentifikasi dengan cepat lewat rekam medis gigi. Data menyebutkan keberhasilan mengidentifikasi korban pada kasus kecelakaan lalu lintas di Situbondo tahun 2003 hingga 60 persen, sedang korban jatuhnya Pesawat Garuda di Yogyakarta mencapai 66,7 persen. Adanya rekam medis gigi sangat diperlukan dengan maraknya bencana dan ancaman terorisme yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Kebutuhan rekam medis gigi merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak, karena dari berbagai pengalaman pada saat terjadi bencana massal, peran dokter gigi cukup penting dalam identifikasi korban meninggal.

Bila Anda tertarik silahkan membaca artikel di link berikut ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: